Tentang Giveaway

Mungkin banyak dari kalian yang sudah paham mengenai GIVEAWAY. Saya mau jelaskan secara singkat saja untuk kalian yang belum mengerti, giveaway itu sama dengan kuis atau lomba. Kita ikuti persyaratan yang diberikan oleh pihak penyelenggara giveaway lalu tunggu pengumuman.
Banyak sekali akun di social media yang sering mengadakan giveaway. Mulai dari akun official brand besar, artis, youtuber sampai onlineshop.

Saya sendiri sudah mulai aktif mengikuti giveaway dari tahun 2018. Yang awalnya mengikuti banyak giveaway dan tidak pernah sekalipun menang, sampai akhirnya sekarang dalam sebulan bisa minimal 5x menang (mungkin ini hal yang biasa untuk para pemburu giveaway yang setiap harinya menang. tetapi buat saya ini sudah cukup menyenangkan) ya jelas, siapa yang tidak senang? dapat barang atau uang secara cuma cuma hehe.

Nah teman teman dan kerabat yang berteman dengan saya di social media pasti sudah tidak asing setiap saya memenangkan giveaway. Mereka selalu bilang "enak ya sering menang, gimana sih caranya?"
Jujur saya bingung kalau ditanya caranya, karena kan tinggal ikutan saja. Mungkin lebih ke 'strategi' nya ya. Nah maka dari itu, disini saya mau sedikit berbagi tetapi mungkin masih ada yang kurang tepat dan ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi saja.

*berlaku untuk giveaway di social media*

STRATEGI 

1. Jangan menggunakan akun fake (palsu) atau private akun
Walaupun sebenarnya ini tidak terlalu berpengaruh karena ada beberapa pihak penyelenggara giveaway yang tidak mempermasalahkan akun private atau bukan. Lebih baik cek terlebih dahulu persyaratan giveawaynya, kalau ada syarat NO PRIVATE AKUN  berarti jangan di private ya akun kalian.

2. Pertimbangkan peluang menang
Ini yang sering disepelekan, hadiah untuk 3 orang, peserta sudah 1000 sekian dan pengumuman masih 2 minggu kedepan? jelas peluang menang kalian akan lebih kecil, tetapi ingat rezeki tidak akan kemana ya. 

3. Cobalah dimulai dari hadiah yang nilainya kecil
Kalau anggapan saya pribadi, hadiah apapun saat dapat pengumuman menang giveaway rasanya senang sekali (bangga gitu hehe) dari hadiah yang nilainya kecil lama lama akan dapat yang lebih besar.

4. Kalau ikut banyak giveaway, minimalisir yang syaratnya harus repost di feeds (jika Instagram)
Ini lumayan berpengaruh karena ada beberapa pihak penyelenggara giveaway memberikan syarat NO GIVEAWAY AKUN. Dengan kalian repost giveaway di feeds terlalu sering, akun kalian bisa dianggap akun giveaway.

5. Lakukan syarat dengan lengkap
Misal : follow, like postingan, tag 5 teman. Nah kalian like sebanyak banyaknya postingan di akun penyelenggara giveaway dan kalau diminta untuk tag 5 teman, tag saja lebih dari 5 (kadang ini berpengaruh lho) jangan lupa selalu aktif di akun penyelenggara giveaway ya.

6. Komentar yang menarik
Kalau ada persyaratan "komentar pendapat kalian tentang blabla" nah kalian komentarlah sebagus mungkin, boleh memberikan komentar panjang tetapi harus tetap menarik untuk dibaca, walaupun tidak diminta usahakan tetap cantumkan doa terbaik kalian untuk akun penyelenggara giveaway.

7. Hastag pencarian giveaway
Cari informasi seputar giveaway yang sedang diadakan menggunakan hastag #giveawayindonesia dan giveaway yang barangnya kalian inginkan, misal #giveawaycase #giveawaymasker tetapi tetap ingat poin 2.

8. Mengelola akun
Coba kelola akun kalian semenarik mungkin. Bisa dengan cara upload foto foto, story atau highlights yang bagus. Ini lumayan berpengaruh karena ada beberapa akun penyelenggara giveaway yang stalking akun kita sebelum menentukan pemenang.

Jangan lupa, lihat cara penentuan pemenang.
Kalau dipilih secara manual, pastikan benar benar lakukan strategi dari poin 1-8.
Tetapi kalau diundi ya kembali lagi ke 'keberuntungan' masing masing :)

Semoga setelah ini tidak ada lagi yang beranggapan
"giveaway tuh bohongan kali ya, kok aku gak pernah menang"
"orang dalem kali yang menang"

Tidak begitu dong :)
Kalian mungkin salah strategi atau memang belum beruntung. Saya pun juga sering kalah, ya coba saja giveaway yang lain. 
Kalian bisa cek di highlights Instagram saya (@jasminezarasc) dengan judul "with love" itu semua review hadiah giveaway. Memang tidak wajib untuk mereview hadiah giveaway setelah barang sampai, tetapi anggap saja rasa terimakasih dari saya untuk akun penyelenggara :)


PERIHAL ONGKOS KIRIM
"katanya giveaway kok masih ditagih ongkir"
"aku dimintain ongkir sekian ribu tuh beneran dikirim gak sih barangnya"

Sebelum ikut giveaway baca dulu persyaratannya ya. Biasanya di akun penyelenggara giveaway, sudah tertera info "ongkir ditanggung pemenang" atau "gratis ongkir buat wilayah jabodetabek" 
Jadi itu memang hal yang wajar. Kalau kalian merasa keberatan ya tidak perlu ikutan, cari giveaway yang gratis ongkir. Atau kalian cari akun penyelenggara yang satu domisili dengan kalian supaya ongkirnya menjadi murah :)
Untuk masalah nominal ongkir, setiap ada giveaway pasti sudah dijelaskan barangnya apa. Nah kalian bisa mengira ngira sendiri,
contoh kalau casing HP dikenakan ongkirnya hanya 1 KG. Kalian bisa cek sendiri berapa ongkir ke kota kalian, masuk akal tidak? Sesuai tidak dengan yang diminta oleh akun penyelenggara?

Kalau giveaway yang hadiahnya HP atau barang barang berharga lainnya saya kurang paham. Belum pernah ikutan karena melihat peluang menangnya kecil hehe 


KLAIM HADIAH
Setelah dapat pengumuman bahwa kalian adalah pemenang giveaway, akun penyelenggara akan meminta data diri kalian. Data sewajarnya saja seperti nama, alamat, nomor HP untuk keperluan pengiriman hadiah (jika hadiah berupa barang) atau nama, nomor HP, nomor rekening (jika hadiah berupa uang).
Selama 2 tahun saya mengikuti giveaway, tidak pernah ada akun penyelenggara yang meminta kartu identitas untuk klaim hadiah. Jadi tetap berhati-hati saja ya.

Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat untuk kalian yang membaca. Terimakasih karena sudah berkenan untuk mampir. 
Jika ada kesalahan dalam penulisan kata atau bahasa yang mungkin kurang dipahami, mohon dimaafkan :)

Comments

Popular posts from this blog

Backpacker 2017 (Sukabumi)

Say goodbye to acne with Tea Tree Biome Skincare by Mediheal